Peningkatan Kompetensi Guru SMK dalam Menyusun Asesmen Pembelajaran Kurikulum Merdeka Berbasis AKM
DOI:
https://doi.org/10.61323/jb.v3i2.112Kata Kunci:
Asesmen Kompetensi Minimum, Literasi, NumerasiAbstrak
Hasil wawancara dengan Kepala SMK Hasyim As’ari Mojokerto diperoleh belum pernah ada kegiatan pendampingan bagi Bapak/Ibu guru dalam menyusun soal AKM. Guru-guru juga mengeluh kesulitan dalam memahami AKM dan bagaimana cara menyusun soal berbasis AKM. Sehingga dilaksanakan pengabdian ini yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru SMK Hasyim Asy’ari dalam menyusun asesmen pembelajaran kurikulum merdeka berbasis Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Kegiatan pengabdian ini terdiri dari tahapan persiapan, implementasi dan evaluasi. Pelaksanaan kegiatan dilakukan mulai tanggal 7 s/d 11 Juni 2024. Berdasarkan hasil pengabdian diperoleh respon positif dari peserta baik dari aspek materi yang disampaikan, metode pelatihan dan narasumber. Respon peserta sangat antusias dan menerima materi dengan baik. Hal ini ditunjukkan oleh semua peserta bertanya perihal yang belum dipahami secara langsung. Adanya kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat menyusun soal berbasis AKM secara mandiri dan menerapkan dalam pembelajaran baik tes formatif maupun sumatif untuk melatih kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal berbasis AKM
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 feriyanto, Wiwik, Afkar, Rendis

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.