Penguatan Materi Pembelajaran Berbasis TIK Pada Masa Pembelajaran Daring Ditengah Wabah Pandemi Covid-19

Penulis

  • Adella Tiara Bintara Firdaus Program Studi PGSD, Universitas Trunojoyo Madura
  • Jasmine Program Studi PGSD, Universitas Trunojoyo Madura
  • Agung Setiawan Program Studi PGSD, Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.61323/jb.v2i1.44

Kata Kunci:

Penyakit Covid-19, Pembelajaran Daring, Hambatan dan Hikmah

Abstrak

Indonesia merupkan salah satu negara yang mengalami pandemi Covid-19. Penyakit ini diketahui ada karena sindrom pernapasan akut dan termasuk penyakit menular. Sehingga berdampak pada kehidupan seluruh masyarakat indonesia. Kebijakan demi kebijakan dari pemerintah mulai diterapkan, diantaranya masyarakat wajib menerapkan 3M (menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan) dalam aktivitas sehari hari dengan tujuan mengurangi penularan Covid-19 dan menekan angka kematian diindonesia. Tujuan penulisan artikel ini untuk mengetahui permasalahn pembelajaran dimasa pandemi Covid-19 dan penguatan materi pembelajaran dimasa pandemi Covid-19. Metode studi literature adalah metode yang digunakan dalam artikel ini, dengan meninjau refrensi dan sumber data penelitian yang terkait. Dunia pendidikan juga mengalami perubahan diantaranya pembelajaran tatap muka dihapuskan dan diganti dengan pembelajaran daring. Banyak permasalahn yang timbul akibat penerapan pembelajaran daring, mulai dari fasilitas yang kurang memadahi, perekonomian, kendala sinyal, hingga kurangnya pemgetahuan untuk mengakses teknologi. Kerjasama dan komunikasi yang baik antara pendidik, peserta didik, dan orang tua sangat diperlukan demi kelancaran pembelajaran daring dan tercapainya tujun pembelajaran secara sempurna. Hikmah dari pembelajaran daring mulai terlihat dengan metode dan media pembelajaran yang lebih inovatif, pemanfaatan teknologi dengan benar dan sumber belajar siswa semakin luas.

 

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-15